Setiap strategi SEO bertujuan untuk meraih peringkat setinggi
mungkin di halaman mesin pencarian. Untuk melakukan hal ini, semua pemasar
mencoba merancang dan mengembangkan situs web yang disukai oleh algoritma
Google.
Faktor dalam algoritma Google dapat dibagi menjadi dua kategori yang
akan menentukan peringkat sebuah web: on-page dan off-page. Di sini, saya akan menjelaskan
tentang dasar-dasar on-page SEO, serta membahas berbagai teknik dan cara
penerapannya.
Apa itu On-Page SEO?
sumber : seon.co.id |
On-page SEO harus dilakukan dengan elemen yang ada di situs web yang kita kelola. On-page SEO meliputi pengaturan teknis, kualitas kode suatu website, kualitas konten secara tekstual dan visual, serta kemudahan penggunaan situs web yang kita kelola. Lalu berikut ini merupakan cara yang diperlukan dalam menerapkan strategi on-page SEO.
Page Title Optimization
Page title optimization adalah sebuah upaya untuk menambahkan dan mengoptimalkan tag judul meta pada halaman situs web agar lebih menarik bagi pembaca dan mesin pencarian. Tag judul diberikan ke halaman dengan menambahkan baris kode HTML: <head> <title> Contoh Tag Judul </title> </head>.
Meta Description
Deskripsi meta adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. Mesin pencari seperti Google sering menampilkan deskripsi meta dalam hasil pencarian, yang dapat mempengaruhi rasio klik-tayang. Tujuannya dari deskripsi meta sangat sederhana, seseorang perlu mencari di Google untuk mengeklik tautan web yang kita miliki. Dengan kata lain, deskripsi meta ada untuk menghasilkan klik-tayang dari mesin pencari.
H1 Tag Optimization
Setiap halaman atau posting-an dapat memiliki banyak judul. Tag HTML <H1> biasanya digunakan pada judul halaman atau postingan, dan ini adalah header pertama yang terlihat pada suatu halaman. Jadi, dengan menggunakan kata kunci dalam tag H1, Kita dapat membantu mesin pencarian untuk memahami tentang halaman web yang kita punya lebih dalam. Alasan lain mengapa heading penting untuk SEO adalah karena heading akan memudahkan pengguna untuk menavigasi halaman.
Content SEO
Content SEO merupakan pembuatan konten yang membantu halaman situs web yang kita kelola untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi di halaman pencarian. Ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan penulisan dan penataan konten yang terdapat di situs web. Content SEO merupakan sebuah hal yang penting bagi on-page SEO karena mesin pencari seperti Google akan membaca dan menelaah situs web yang kita keloala sehingga setiap kata yang digunakan di situs tersebut menentukan apakah situs tersebut akan mendapat peringkat terbaik di halaman pencarian mereka atau tidak.
Internal Linking SEO
Internal link adalah link yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain di situs web yang kita kelola. Pengguna dan mesin pencarian akan menggunakan link untuk menemukan konten yang berada di situs web. Ada beberapa jenis internal link. Selain dapat menambahkan link di beranda, menu, postingan, dan lain-lain, kita juga dapat menambahkan link di dalam sebuah konten. Semakin banyak link yang diterima halaman penting web, maka hal tersebut akan berdampak pada visibilitasnya yang semakin meningkat di halaman pencarian.
Image SEO
Image atau SEO Gambar merupakan salah satu elemen dalam melakukan on-page SEO yang berkaitan dengan file bergambar. Dalam praktiknya, cara ini biasanya disebut sebagai pengoptimalan konten bergambar. Penggunaan SEO gambar dapat meningkatkan peringkat situs web di pencarian gambar Google, serta membantu meningkatkan visibilitas situs web secara umum.
Video SEO
SEO video adalah optimalisasi konten yang berisi video untuk diindeks dan diberikan peringkat pada pencarian kata kunci yang relevan. Ada banyak strategi pengoptimalan untuk memberikan konten video pada web kita sehingga peluang peringkat menjadi tinggi.
Homepage SEO
Beranda atau homepage memiliki banyak tujuan berbeda. Beranda adalah halaman sambutan dan panduan pengguna utama untuk situs web. Namun, terdapat satu tujuan yang menurut tidak dimiliki beranda dan itu adalah peringkat untuk penggunaan kata kunci, selain nama atau merek bisnis yang kita kelola. Jika sebuah web diatur dengan benar dan kita memiliki banyak backlink, beranda web mungkin akan diberi peringkat pencarian untuk nama atau merek bisnis.
Posts and Pages SEO
Strategi pengoptimalan mesin pencarian (SEO) yang sukses melibatkan berbagai taktik di seluruh bauran pemasaran digital. Beberapa taktik SEO meliputi content marketing, penerbitan blog, dan SEO teknis (seperti memastikan bahwa situs web yang kita kelola cepat dan berkinerja tinggi).
Pages SEO adalah halaman situs web yang ditargetkan untuk penggunaan kata kunci tertentu. Sasaran utamanya adalah mendatangkan trafik situs web untuk penggunaan istilah tertentu dan mengubah pengunjung menjadi prospek.
Categories and Tag Pages SEO
Halaman tag dan kategori (juga disebut halaman taksonomi) adalah konten gabungan dari situs web yang dapat digabungkan menjadi satu melalui kata kunci. Halaman taksonomi bertujuan untuk memudahkan navigasi pengguna melalui situs web yang lebih besar.
Halaman kategori dan tag situs sangat penting untuk meningkatkan
performa SEO. Keduanya bisa menjadi lebih penting daripada halaman dan
postingan individual. Halaman tersebut harus menjadi hasil pertama di mesin
pencari, dan itu adalah landing page. Oleh karena itu, keduanya juga harus bisa
memberikan pengalaman pengguna (UX) terbaik.
Itu dia penjelasan singkat mengenai On Page SEO. Penting untuk mengoptimalkannya secara konsisten supaya website-mu dapat berada di peringkat teratas mesin pencarian Google.
Bagaimana menurutmu? Silahkan berikan komentar dibawah!
Rekomendasi tontonan tentang SEO
Posting Komentar
Posting Komentar