Social media marketing sudah bukan hal asing bagi setiap orang.
Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif
menjangkau calon pelanggan dengan mudah.
Social media marketing adalah sebuah
strategi marketing dengan menggunakan media sosial sebagai platform dalam
melakukannya. Banyak jenis konten yang bisa diupload melalui sosial media,
seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Social
media marketing juga bisa dilakukan dengan gratis ataupun menggunakan iklan
berbayar.
Pada prakteknya, upaya social
marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya.
Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya. Karena platform media sosial
cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Kita merupakan salah
satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.
Data dari WeAreSocial, 160 juta
orang Indonesia adalah pengguna media sosial aktif. Dari jumlah tersebut,
pengguna terbanyak adalah usia 25-24 tahun. Ini tentu menjadi informasi penting
bagi Kita yang menyasar target pasar usia tertentu.
Saat ini, Facebook masih menjadi
platform media sosial yang paling populer. Dan, Whatsapp merupakan aplikasi
berkirim pesan yang umum digunakan. Dengan mengetahui data ini, Kita bisa
menerapkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis Kita.
Lalu Jenis Media Sosial apa yang Bisa Kita
Manfaatkan dalam Social Media Marketing?
Facebook
Tak bisa dipungkiri bahwa Facebook adalah media sosial terbesar di dunia. Bahkan, tak hanya individu saja yang berbondong-bondong menggunakan Facebook, tapi ada 65 juta bisnis yang memanfaatkan Facebook Page untuk mempromosikan bisnisnya.
YouTube
YouTube merupakan media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing. Bagaimana tidak? Ada sekitar satu miliar jam video yang ditonton setiap harinya di YouTube. Maka dari itu, sudah banyak bisnis yang membuat channel di YouTube dan rutin upload video yang relevan.
Instagram
Instagram memiliki segudang fitur
menarik yang bisa Kita manfaatkan untuk promosi secara cuma-cuma. Sebut saja
Stories, Instagram Live, dan IGTV. Selain itu, ada juga fitur akun bisnis yang
memberikan analisis lengkap tentang performa akun bisnis Kita.
Twitter berfokus pada konten atau
informasi secara real-time. Sehingga menjadi tempat untuk berbagi berita dan
hiburan terbaru di seluruh penjuru dunia. Alhasil, pergerakan di Twitter
sangatlah cepat. Sangat cocok bagi bisnis yang rutin memproduksi konten.
TikTok adalah media sosial berbagi
video pendek yang penggunanya meningkat drastis beberapa tahun belakangan.
Utamanya bagi anak-anak muda Generasi Z. Sehingga sangat cocok bagi Kita yang
target pasarnya adalah anak-anak muda.
LinkedIn adalah media sosial untuk
para pekerja dan profesional di bidangnya. Maka dari itu, demografi terbesar
merupakan pengguna dengan umur 40 tahun ke atas. Alhasil, LinkedIn sangat cocok
untuk mencari konsumen apabila bisnis Kita bergerak di B2B.
Bisa dikatakan Pinterest adalah papan
digital dimana Kita bisa “menempel” gambar, video, hingga gif sekalipun di akun
Kita. Jadi, media sosial ini sangatlah cocok untuk mempromosikan produk-produk Kita
dengan foto yang mencolok. Apalagi jika target pasar Kita adalah perempuan.
Snapchat bisa dikatakan media sosial
yang unik. Kenapa? Sebab, interaksi di Snapchat menggunakan video pendek,
alih-alih teks seperti media sosial lainnya. Snapchat umumnya digunakan bisnis
untuk membangun brand awareness pada anak-anak muda.
Lalu apa Manfaat dari Social Media
Marketing ini? Berikut beberapa manfaat social media marketing bagi bisnis baik
besar maupun kecil:
1. Hemat Biaya
Manfaat media social marketing yang
pertama adalah Kita tak harus merogoh kantong terlalu dalam untuk melakukan
social media marketing, lho. Bahkan, Kita bisa sepenuhnya menjalankannya tanpa
biaya sepeserpun. Tak percaya?
Kita bisa membuat akun media sosial gratis, posting gambar atau video gratis, hingga membuat grup gratis. Pengeluaran hanya diperlukan apabila Kita membeli iklan berbayar di media sosial tersebut atau membeli tools pendukung.
2. Efektif dan Efisien
Dibanding pemasaran secara offline
seperti pada spanduk atau baliho, social media marketing bisa lebih efektif
menjangkau konsumen Kita. Kenapa? Sebab, Kita bisa mengatur target iklan dengan
sangat mendalam.
Kita bisa mengatur umur, gender,
tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Alhasil, pemasaran Kita
akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tak berbelit-belit.
3. Meningkatkan Brand
Awareness
Seperti yang sudah disinggung di atas,
ada 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Artinya, jika Kita menerapkan
social media marketing dengan baik, ada 160 juta orang yang berpotensi mengenal
bisnis Kita melalui media sosial. Wow!
Apalagi, jika Kita berhasil membuat
post menarik yang viral di kalangan netizen. Bisa dipastikan bahwa brand Kita
akan dikenal banyak orang dengan lebih cepat.
4. Memperluas Pangsa Pasar
Bisnis
Media sosial bisa digunakan oleh
siapapun dan dimanapun mereka berada. Dengan kata lain, target konsumen tidak
terbatas di tempat Kita tinggal. Namun, dari Sabang sampai Merauke. Bahkan,
hingga ke luar negeri sekalipun.
Asal, Kita memang menerapkan social
media marketing dengan baik. Misalnya, menggunakan hashtag yang tepat, sehingga
semua orang bisa mencari bisnis Kita dengan mudah.
5. Komunikasi yang Lebih
Mudah ke Konsumen
Komunikasi yang baik adalah hal
krusial dalam setiap hubungan. Termasuk hubungan antara bisnis dengan
konsumennya. Nah, melalui social media marketing Kita bisa melakukan komunikasi
dua arah dengan mudah ke konsumen.
Konsumen bisa mengirimkan private
message, meninggalkan komentar, atau melakukan mention brand Kita. Hebatnya, Kita
akan langsung mendapatkan pemberitahuan tentang hal tersebut dan bisa segera
meresponnya.
6. Membagi Informasi
Terbaru dengan Cepat
Manfaat social media marketing lainnya
adalah memungkinkan Kita untuk membagikan informasi terkait bisnis Kita dengan
cepat. Alhasil, konsumen Kita bisa tahu tentang diskon, flash sale, promo, atau
informasi lainnya saat itu juga karena akan langsung muncul di timeline mereka.
Bayangkan jika menggunakan pemasaran
tradisional seperti baliho atau spanduk. Kita akan membutuhkan waktu
berjam-jam, bahkan berhari-hari. Itupun dengan harga yang jauh lebih mahal
daripada melalui social media marketing.
7. Menarik Trafik ke
Website Kita
Social media marketing juga bisa
dijadikan jembatan bagi trafik baru ke website Kita, lho. Kita hanya tinggal
memasukkan URL website Kita pada deskripsi. Sehingga orang-orang yang
mengkliknya akan langsung diarahkan ke website Kita.
Apalagi jika post Kita memang menarik
dan bermanfaat. Dijamin, pasti akan banyak orang yang membagikan post tersebut,
sehingga trafik yang datang ke website Kita juga lebih banyak. Win-win
solution, bukan?
Itu dia penjelasan singkat mengenai Social
Media Marketing. Cukup banyak strategi social media marketing yang bisa Kita
gunakan. Sebagai langkah awal, pastikan Kita sudah mengenali target audience
dengan baik. Beberapa platform media sosial menawarkan upaya pemasaran secara
gratis maupun berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Kita.
Jika sudah menentukan pilihan, segera lakukan upaya social media marketing Kita
dengan lebih optimal.
Bagaimana menurutmu? Silahkan berikan komentar dibawah!
Referensi:
Suryadi Kurniawan. “Panduan Lengkap Social
Media Marketing 2021.” Niagahoster Blog (blog), 28 Mei 2020.
https://www.niagahoster.co.id/blog/social-media-marketing/.
Posting Komentar
Posting Komentar