Halooo para pembaca dimanapun kalian berada, semoga sehat selalu yaa. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba merangkum terkait materi "Twitter Sebagai Sarana Marketing” yang telah dijelaskan oleh kelompok 2 kelas 5D pada mata kuliah Digital Library Marketing. Tanpa berlama-lama mari kita mulai pembahasannya. Gasskeun!
Twitter merupakan salah satu sosial media yang berfokus pada konten atau informasi secara real-time. Sehingga menjadi tempat untuk berbagi berita dan hiburan terbaru di seluruh penjuru dunia. Alhasil, pergerakan di Twitter sangatlah cepat. Sangat cocok bagi bisnis yang rutin memproduksi konten. Sosial media ini dikembangkan oleh Obvious Corp yang bertempat di San Fransisco, Amerika Serikat. Twitter dibuat pada bulan Maret 2006 dan diluncurkan pada bulan Juli di tahun yang sama oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Bizz Stone, dan Evan Williams.
Lantas apa saja fitur-fitur utama yang terdapat di Twitter? Dalam presentasi tersebut, dijelaskan bahwa terdapat 22 fitur utama yang terdapat dalam aplikasi Twitter, diantaranya ialah: Following, Follower, Tweet, Reply Tweet, Reetwet, Quote Tweet, Username, Tema/Tampilan, List/Daftar, Like Tweet, Direct Messages (DM), Favorites, Timeline, Hashtag, Mention, Trending Topics, Search, Bookmark, Pinned Tweet, Spaces, Polling dan Tweet Activity. Fitur-fitur tersebut disediakan oleh pihak Twitter agar kita bisa mendapatkan seluruh manfaat yang diberikan ketika menggunakannya.
Dalam pemanfaatannya sebagai media marketing, Twitter juga menyediakan berbagai macam fitur marketing yang bisa kalian gunakan untuk memasarkan suatu produk dalam platform tersebut. Fitur-fitur marketing tersebut diantaranya ialah:
Promoted Ads
Salah satu bentuk dari Twitter Ads adalah Promoted Ads. Ads (iklan) di twitter dapat tersedia dalam berbagai bentuk dan bisa dipadukan dengan fitur standar atau branded. Bentuk-bentuk tersebut diantaranya : Image Ads, Video Ads, Carousel Ads, Moment Ads dan Text Ads.
Follower Ads
Didesain untuk meningkatkan eksistensi dan bisa digunakan untuk promosi sebuah akun ke audience yang ditarget untuk membangun awareness serta beratraksi dengan follower baru.
Twitter Amplify
Salah satu fitur Twitter Ads yang membolehkan pengiklan untuk menyisipkan iklan mereka (video) ke dalam konten video dari publisher paling relevan. Terbagi menjadi 2 jenis yaitu Amplify Pre-roll dan Amplify Sponsorships.
Twitter Live
Merupakan fitur Twitter Ads yang memungkinkan pengiklan untuk menyiarkan (livestreams) dirinya kepada dunia secara real-time.
Selain menyediakan berbagai macam fitur marketing yang sudah dijelaskan di atas yang termasuk dalam "Twitter Ads", masih banyak cara lain yang bisa dimanfaatkan dalam proses marketing produk yang kita miliki. Misalnya Twitter Cards, Pinned Tweet, dan Embed Tweet.
Ketika melakukan proses marketing, kalian harus bisa memaksimalkan proses pemasaran suatu produk yang anda miliki agar produk yang kalian pasarkan di sosial media twitter bisa dijangkau oleh orang banyak, cara yang bisa kalian lakukan ialah:
1. Maksimalkan Profil Akun Twitter Anda
2. Maksimalkan Fitur yang Dimiliki Twitter
3. Gunakan Bahasa Percakapan Ketika Berinteraksi
4. Gunakan Tanda Pagar (Hashtag)
5. Pakai Kata-Kata Ajakan
6. Ikuti Obrolan Terkini
7. Balas Mention, Retweet dan Berikan Like
8. Membuat Caption Kreatif
9. Berinteraksi Dengan Influencer
10. Konsisten dan
11. Maskimalkan Fitur Twitter Ads.
Dari yang sudah dijelaskan di atas, lalu fitur apa saja yang cocok untuk memasarkan produk yang kita miliki contohnya mempromosikan suatu perpustakaan agar bisa diketahui oleh orang banyak. Terkait dengan hal tersebut, kalian harus bisa memaksimalkan proses pemasaran suatu produk yang anda miliki dengan memaksimalkan twitter ads, timeline takeover (mempromosikan produk melalui timeline) dan trend takeover (iklan melalui trending topics). Fitur-fitur tersebut sangat cocok untuk kita gunakan karena bisa menjangkau banyak pengguna tanpa harus melakukan follow satu sama lainnya.
Bagaimana menurutmu? tuliskan komentar di bawah!
Posting Komentar
Posting Komentar