Perpustakaan

https://tulishan.blogspot.com/search/label/Perpustakaan

Tags

Categories

Labels

Advertisement

Main Ad

Sports

3/Sports/col-left

Boxed / Fluid

Subscribe Us

Technology

3/Technology/col-right
TulisHan - Tulisan by Raihan

Terminologi Dasar Pengembangan Website

 
source: pixabay.com

Halo semuanya, pada tulisan kali ini, Saya akan memaparkan terminologi-terminologi dasar yang terdapat dalam mengembangkan suatu website. Semoga tulisan ini dapat dimengerti dan dipahami agar berguna bagi siapapun itu.  Baiklah, ayo langsung simak saja pembahasan-pembahannya.

1. Markup Language

Markup language adalah sebuah bahasa komputer. Bahasa ini menggunakan tags atau tanda. Tanda-tanda ini akan dibaca oleh komputer, dan diterjemahkan menjadi tampilan website yang kita lihat sehari-hari.

Lalu bagaimana markup language ini berjalan, saya mengambil contoh seperti ini, jika kita akan membuat suatu website, maka markup language inilah unsur paling mendasar, dan perlu diketahui bahwa Website ini sejatinya merupakan suatu dokumen berupa informasi yang ditulis dalam markup language, suatu aturan baku. Kemudian Dokumen-dokumen itulah yang akan dikirim oleh server kepada komputer yang saya gunakan, lalu diterjemahkan sesuai dengan tags tadi ke tampilan website biasanya. Dengan adanya aturan baku, dokumen yang dikirim dari server website saat kita mengaksesnya akan sama persis dengan tampilan website seharusnya.

Karena pada dasarnya, komputer tentu tak seperti manusia dalam memproses informasi. Manusia bisa dengan mudah menggunakan ragam bahasa dan kosakata berbeda untuk menyampaikan informasi yang sama.

Bisa kita ketahui bahwa, markup language adalah cara menuliskan website yang bisa dipahami komputer. Komputer hanya hadir sebagai seorang penerjemah, bukan alat untuk memproses logika.

2. Programing Language

Programming language merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang tugasnya untuk mendefinisikan program komputer. Dari sini dapat dikatakan juga bahwa bahasa pemrograman merupakan sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Secara singkat, bahasa pemrograman adalah sekumpulan instruksi dan perintah milik komputer apabila manusia berinteraksi dengannya.

Dalam bahasa pemrograman, Logika dan aturan diajarkan oleh programmer kepada sebuah komputer atau software soal apa yang harus dilakukan ketika pengguna melakukan sesuatu. Dan Programming language ini lebih ke soal mengajari komputer bagaimana harus menyikapi suatu perintah. Ini membuatnya melibatkan suatu logika.

Misalnya, pada komputer, program yang ditulis untuk fungsi cut dokumen dan copy dokumen akan berbeda. Oleh karena itu, output yang dikeluarkan oleh fungsi keduanya akan berbeda

Dilihat dari fungsinya, bahasa pemrograman ialah untuk memerintahkan sebuah komputer agar bisa mengolah data sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan kita.salah satu bahasa dalam pemrograman ini bisa digunakan untuk pembuatan web, menuliskan perintah untuk komputer, menciptakan game, hingga membuat berbagai aplikasi lainnya.

source: medium.com

3. CSS

CSS (Cascading Style Sheet) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk men-design sebuah halaman website dengan menggunakan id dan class.

Bila dilihat dari definisinya sendiri, CSS ini berguna untuk mendesain, membentuk, serta mengubah tampilan halaman sebuah website agar lebih sederhana. Contoh nya seperti dapat mengubah font, ukuran font, dan format font serta mengatur ukuran layout, lebar tinggi dan warna element, membuat halaman website yang cepat untuk di akses.

Fungsi utama CSS adalah merancang, merubah, mendesain, membentuk halaman website serta blog. Dan isi dari halaman website adalah tag-tag HTML, logikanya CSS itu dapat merubah tag-tag HTML (yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik.

Nah dari penjelasan penjelasan tersebut bisa dikatakan bahwa dengan adanya CSS, isi dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan tertentu dalam web, sehingga akan memudahlan dalam membuat halaman web yang banyak serta dapat mamangkas waktu dalam pembuatan web.

source: techfor.id

4. HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan sebuah bahasa mark up yang umum digunakan untuk membuat halaman WEB. HTML menampilkan berbagai macam informasi di dalam sebuah software web browser internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis dalam berkas format standar internasional ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

Bisa kita ketahui bahwa HTML ini adalah sebuah teknologi dasar yang digunakan untuk membuat dasar dari sebuah halaman web dengan menghubungkan teks, link antar halaman, memberi struktur dan membagikan informasi yang terkait dengan sebuah halaman WEB.

Lalu seperti apa cara kerja dari HTML? Dokumen HTML sama dengan dokumen tulisan biasa. Akan tetapi, dalam dokumen HTML, sebuah tulisan dapat memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Dan perlu diketahui juga bahwa HTML tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi CSS serta JavaScript. 

source: smkitasy-syadzili.sch.id

5. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis dan interaktif. Inilah yang memberi sebuah kehidupan pada halaman – elemen interaktif dan animasi yang dapat menarik perhatian dan melibatkan pengunjung website.

Disni saya akan memberikan contoh bagaimana ketiga elemen antara JavaScript, HTML dan CSS berjalan. Saya menganalogikan ketiga buah bahasa ini adalah sebuah pintu, HTML sebagai kayunya, CSS sebagi cat dan ornamennya, serta JavaScript yang membuat pintu ini bisa bekerja. Disini, peran JavaScript bisa sebagai ‘pembantu’ kode CSS agar pengaturan dan hiasannya lebih bagus dengan tambahan pernak-pernik misalnya. Bisa juga untuk memanipulasi kode HTML dengan nama/identitas tertentu. Manipulasi ini bisa berupa menyembunyikan, menganti bahkan menambahkan elemen HTML yang baru.

Javascript ini berfungsi untuk membuat sebuah halaman website lebih interaktif dan dinamis. Penggunaan kode javascript sangat dibutuhkan untuk website-website yang berorientasi pada kenyamanan pengakses (user-experience). Namun, penggunaan kode javascript ini tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan penggunaan CSS karena javascript juga tidak akan lepas dari HTML.

source: idwebhost.com

6. PHP

PHP Adalah bahasa scripting server-side, Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.

Lalu apa itu Script?. Script sendiri merupakan sekumpulan instruksi pemrograman yang ditafsirkan pada saat runtime. Sedangkan Bahasa scripting adalah bahasa yang menafsirkan skrip saat runtime. Dan biasanya tertanam ke dalam lingkungan perangkat lunak lain.

Karena php merupakan scripting server-side maka jenis bahasa pemrograman ini nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server. Berbeda dengan javascript yang client-side.

PHP adalah bahasa pemrograman umum yang berarti php dapat disematkan ke dalam kode HTML, atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan berbagai sistem template web, sistem manajemen konten web, dan kerangka kerja web.

7. Server

Server adalah sebuah tempat penyimpanan data atau informasi yang berfungsi untuk dapat memberikan layanan (service) kepada client yang terhubung dengannya. Server ini juga merupakan sebuah layanan tertentu dalam sistem komputer dalam sebuah jaringan. Server didukung oleh scalable, RAM, serta sistem operasi khusus yang disebut network operating system.

Lalu seperti apa Server ini bekerja? Server ini ada beberapa cara kerja tergantung kepada jenis server tersebut. Salah satu contohnya, untuk kasus terhadap web server ketika saya mengetik suatu alamat website menggunakan salah satu browser, yang artinya sistem komputer sedang menjadi klien terhadap webserver. Lalu web server itu mengirim isi website kepada sistem komputer dan kita dapat mengakses website tersebut.

Pada dasarnya fungsi server ini ialah untuk melayani permintaan dari komputer client, baik itu permintaan data, file, aplikasi, dan lainnya. Dilihat dari penjelasan sebelumnya, cara kerja server serta klien sangat sederhana, yakni server sebagai penyedia data serta client sebagai peminta data.

8. Web Server

Web Server adalah sebuah software yang berfungsi untuk menerima dan melayani permintaan yang dikirimkan user melalui browser kemudian ditampilkan kepada user sesuai dengan permintaan yang dikirimkan ke server. Bisa dikatakan web server merupakan pusat kontrol yang berfungsi untuk memproses permintaan yang diterima dari browser. Layanan ini juga bisa merujuk sebagai software atau hardware. Sedangkan Web Server berbasis Software berfungsi sebagai pusat kontrol untuk memproses permintaan yang diterima dari browser dan menampilkan sesuai dengan permintaan. 

Jadi dapat Kita ketahui bahwa, Secara sederhana tugas web server ialah menerima permintaan yang berasal dari klien kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk berkas kepada si klien tersebut. Perangkat lunak pada web server terdapat di komputer server dimana merupakan tempat menyimpan data-data website. Disamping itu, komputer server membutuhkan akses internet agar tetap terhubung sehingga dapat diakses oleh klien. Ketika klien atau browser melakukan permintaan data kepada web server maka permintaan data tersebut akan dikemas pada TCP kemudian akan dikirimkan ke alamat yang dibutuhkan yaitu HTTP atau HTTPS untuk ditampilkan kembali pada browser. Lain hal nya jika data yang diminta tersebut tidak dapat ditemukan pada web server maka secara otomatis web server akan menolak adanya permintaan tersebut dengan menampilkan notifikasi Page Not Found atau Error 404.

source: idcloudhost.com

9. Database

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Database atau basis data merupakan kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data.

10. Dynamic Website

Dynamic Website adalah jenis halaman web yang disusun oleh konten dan layout yang kaya akan informasi didalamnya. Dinamakan website Dinamis karena kontennya dapat berubah-ubah. Dengan kata lain, adanya program yang berjalan untuk mengatur perubahan data yang ditampilkan dalam website Dinamis tersebut. Halaman web yang dibuat dengan menggunakan bahasa server seperti PHP, Perl, ASP, ASP.NET, JSP, ColdFusion dan bahasa yang lainnya. Jenis website Dinamis ini sangat cocok untuk website E-Commerce yang membutuhkan update data secara terus menerus. Dalam pemeliharaan website Dinamis pun lebih mudah daripada Website Statis karena dapat menggunakan Content Management System (CMS).

Dynamic website mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan dirinya sesuai dengan keadaan saat pengguna mengakses website tersebut dengan memanfaatkan database. Jika pada static website kebanyakan diatur menggunakan HTML dan CSS, maka pada dynamic website ini penampilannya juga diatur menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, PHP, Javascript, Phyton dan dan lain sebagainya. Dengan begitu, pengembang website bisa membuat halaman dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan penggunanya. Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada dynamic website adalah cookies, fasilitas live chatting, kolom komentar, form registrasi dan lain sebagainya.

11. Static Website

Static Website adalah sebuah website yang kontennya statis / tidak berubah-ubah. Sekali dibuat dan online di Internet, pada umumnya website tersebut tidak dapat diubah kecuali diubah secara manual melalui pengubahan bahasa pemograman website tersebut. Oleh karena itu, terjadinya interaksi pun jarang sekali, sehingga dapat dikatakan seperti brosur online karena informasi yang diberikan juga terbatas.

Cara kerja dari Static Webiste ini contohnya seperti setiap request ke website kita (entah itu berupa gambar, teks, atau bahkan URL/alamat yang tidak ditemukan sekalipun) akan menghasilkan sebuah hit yang dicatat di sebuah baris di log webserver. Program penganalisis log webserver seperti Awstats atau Webalizer akan membaca baris demi baris log ini lalu meringkasnya menjadi laporan statistik. Setelah diringkas, data mentah dalam bentuk log webserver bisa dihapus atau dikompres.

source: bkwebdesign.com

12. Native Website Metadata

Meta Tag atau Metadata merupakan unsur atau bagian dari struktur kode HTML yang berfungsi untuk merekam atau mendokumentasikan setiap halaman dari website atau situs yang telah di publikasikan melalui aspek tertentu dari setiap halaman. Meta tag bukanlah alat utama untuk mengoptimasi sebuah situs terhadap mesin pencari google. Meta tag hanya sebagai alat tambahan yang di pakai oleh situs sebagai sumber referensi yang akan di pertimbangkan oleh google atau mesin pencari lainnya.

Jika meta tag atau metadata yang di pasang pada situs anda sesuai dengan pemahaman alogaritma google, hal ini akan memungkinkan blog atau website anda akan lebih gampang di temukan oleh google untuk di sajikan pada pembaca di halaman pertama. Namun hal ini tak lepas dari kualitas utama dari blog anda dan cara kita mengorganisir blog kita. Ada beberapa meta tag yang akan keluar di hasil pencarian, dan hal inilah yang akan di klik oleh pembaca.

13. Open Graph Metadata

Open Graph Metadata ini tentunya memiliki banyak istilah, Misalnya yaitu open graph (saja), open graph tags, open graph meta tags. Namun garis besarnya ialah, Open Graph ini merupakan bahasa pemrograman untuk menampilkan pratinjau/preview thumbnail dari suatu situs.  Open graph ini pertama kali diperkenalkan  oleh Facebook pada tahun 2010.

Bahasa pemrograman ini berdasarkan pada The Open Graph Protocol. Terdapat 4 basic metadata yaitu Title, Image, URL, dan  Type. Kemudian juga ada optional metadata seperti description, audio, video, dan lain-lain.

Tidak ada dua markup situs web yang dibuat setara. Begitu pula, sulit bagi platform media sosial seperti Facebok untuk menemukan potongan informasi yang benar dalam konten yang akan ditampilkan ketika suatu halaman dibagikan di News Feed.

Di sinilah Open Graph Protocol memainkan perannya; suatu inisiatif yang dikembangkan Facebook untuk memungkinkannya mengenali konten web dengan mudah dan menampilkannya dengan cantik di platform mereka.

14. UI ( User Interface )

User interface adalah bagian visual dari website, aplikasi software atau device hardware yang memastikan bagaimana seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website tersebut serta bagaimana informasi ditampilan di layarnya. User interface sendiri menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, dan infrastruktur informasi. Tujuan dari user interface adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience.

Saya akan menganologikan UI ini, misalnya kita akan mengunjungi sebuah rumah, dan ketika kita sampai rumah tersebut pasti yang terlintas di pandangan kita pertama kali adalah tampilan luar rumahnya, seperti melihat halaman depan rumah, letak pintu utama, jendela, dan sebagainya. Nah yang anda lihat itu bisa disebut UI atau user inteface.

User interface adalah salah satu faktor yang menentukan peningkatan traffic website . UI bisa menjadi faktor apakah seseorang tertarik untuk mengunjungi dan meng-explore suatu website. Kalau mereka senang dengan tampilan interface kita dan experience mereka menggunakan websit, maka kemungkinan besar mereka akan mengunjungi website kembali. Jadi kita memang harus selalu memperhatikan UI website saat kita mendesain suatu website.

source: niagahoster.com

15. UX ( User Experience )

User experience (UX) sesuai artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau software kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan. Kalau dulu aplikasi mempunyai usability yang bagus saja cukup. Sekarang sebuah aplikasi juga harus memiliki user experience yang bagus.

Singkatnya, user experience adalah bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi/menggunakan produk digital Anda. Pengalaman ini dilihat dari betapa mudahnya pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari produk tersebut.

Dengan kata lain, user experience produk yang bagus tidak akan menyulitkan pengguna untuk mencapai tujuan mereka. Entah itu dari desain UI yang friendly, produk yang ringan untuk diakses, menu yang tidak berbelit-belit, dan lain sebagainya. 

Lalu seperti apa user experience itu? Saat kita membuka Instagram sampai berjam-jam tanpa bosan, saat kita chatting menggunaan WhatApp tanpa henti, saat Kamu berlama-lama mencari barang-barang jualan di toko online, berarti Kamu udah menikmati user experience yang sudah diberikan oleh instagram, WhatsApp dan juga toko online. Kenapa juga kita bisa berjam-jam sibuk dengan smartphone kita? Itu semua karena penerapan user experience di smartphone Kamu sudah sangat baik.

source: finalsite.com

16. Frontend Language For Website Development

FrontEnd adalah sebuah bagian dari website yang menyuguhkan tampilan kepada user. Bagian ini dibangun menggunakan HTTP (HyperText Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets), dan JavaScript sehingga sebuah URL bisa berfungsi dan menampilkan website yang baik.

Disini saya akan memberikan contoh bagaimana ketiga elemen antara JavaScript, HTML dan CSS yang ada dalam frontend language berjalan. Saya menganalogikan ketiga buah bahasa ini adalah sebuah pintu, HTML sebagai kayunya, CSS sebagi cat dan ornamennya, serta JavaScript yang membuat pintu ini bisa bekerja.

Orang yang bekerja di baliknya alias Front-End developer bertugas mengembangkan semua komponen visual pada situs web dan menjaga tampilan antarmuka. Front-End developer juga bertugas mengerjakan layout tampilan muka alias User Interface (UI) suatu website atau aplikasi untuk tampilan yang lebih menarik.

Pada prinsipnya, front end bekerja untuk memastikan agar situs atau aplikasi dapat dilihat oleh pengguna. Mereka bertanggung jawab agar pengguna dapat mendapatkan informasi sampai berinteraksi dengan situs atau web secara nyaman. Tugas tersebut membuat front end pada akhirnya fokus pada komposisi di dalam situs atau aplikasi. Ia harus memastikan agar isi situs atau aplikasi, seperti gambar, tombol, konten, dan sebagainya tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

source: medium.com

17. Backend Language For Website Development

Backend Language for website development adalah bahasa pemrograman dalam pengembangan belakang layar dalam sebuah situs. Bahasa pemrograman untuk Backend development diantaranya adalah Golang, Java, PHP, Phyton, dan Ruby.  back end developer bertanggung jawab untuk memastikan agar situs atau aplikasi dapat bekerja semaksimal mungkin.

Dengan tugas tersebut, back end wajib memastikan agar semua sistem di dalam situs atau aplikasi dapat bekerja. Ia wajib memikirkan risiko-risiko yang mungkin hadir. Ia misalnya harus memikirkan di mana muatan situs atau aplikasi disimpan, apakah data akan aman, hingga bagaimana jika pengguna melebihi kapasitas maksimal.

Dan pastinya di balik sebuah website yang bagus, ada program Back-End yang menopang semua fitur agar berjalan dengan semestinya. Jika Front-End fokus pada tampilan website, maka Back-End fokus pada fungsionalitas.

Unsur-unsur yang ada dalam program Back-End biasanya berupa database, bahasa pemrograman, server website, dan service web. Sederhananya, pengembang Back-End bertugas di belakang layar memastikan fungsi fitur berjalan lancar menuju sistem atau database yang digunakan oleh situs tersebut.

source: andreicioara.com

18. API

API adalah perantara perangkat lunak yang menjembatani dua aplikasi untuk saling berhubungan satu sama lain.

API berkomunikasi melalui serangkaian aturan yang menentukan bagaimana komputer, aplikasi atau mesin dapat terhubung antara satu sama lain. Misalnya, ketika Anda masuk ke Facebook dari ponsel, Anda memberi tahu aplikasi Facebook bahwa Anda ingin mengakses akun Anda. Aplikasi seluler melakukan panggilan ke_API untuk mengambil akun Facebook dan data Anda. Kemudian, Facebook akan mengakses_ informasi ini dari salah satu servernya dan mengembalikan data ke aplikasi seluler.

source: jagoanhosting.com

19. CMS

CMS adalah singkatan dari Content Management System. CMS merupakan sebuah sistem informasi yang berfokus pada konten Content Management System adalah suatu software yang digunakan untuk menambahkan dan memanipulasi isi dari suatu situs website. Jadi CMS dapat kamu download, install dan lakukan kustomisasi seperti layaknya website biasa.

Sistem Manajemen Konten atau yang biasa disingkat CMS. Menyediakan antarmuka pengguna grafis agar Anda dapat mengelola setiap aspek website. Anda bisa membuat dan mengedit konten, menambahkan gambar dan video, dan setup keseluruhan desain atau tampilan situs. Wordpress, Magento, dan Drupal adalah tiga contoh CMS terpopuler di pasaran.

 Nah, singkatnya CMS ini adalah software yang memudahkan Anda dalam membuat web karena tidak memerlukan coding sama sekali. Platform ini sangat user-friendly, terutama bagi pengguna yang baru pertama kali membuat website.

Yang terakhir, Jika menggunakan CMS, maka Kita tak perlu lagi menuliskan kode front-end atau back-end. Aplikasi ini user friendly sehingga dapat dipasangkan dengan mudah di web browser. Di sistem manajemen konten, Anda dapat menggunakan editor konten untuk membuat post, halaman, toko online, dan bahkan mengonlinekan (push) semua konten. 

source: bebastudio.com

20. Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Singkatnya, sebuah masalah harus diselesaikan dengan beberapa langkah yang logis. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh algoritma bisa digambarkan dengan berbagai macam hal.

Algoritma ini disusun secara logis dan sistematis. Setiap langkah di dalam algoritma haruslah memiliki nilai benar maupun salah. Dalam konteks tertentu, algoritma menjadi sebuah urutan langkah dalam melakukan pekerjaan khusus. Pertimbangan pengambilan algoritma juga menjadi hal penting agar output yang dihasilkan baik.

Jika sudah memhami algoritma ini, tentu membuat Kita sedikit banyak harus mengetahui fungsinya pula. Algoritma pada umumnya digunakan untuk membantu setiap orang yang ingin mengonversikan sebuah permasalahan ke bahasa pemograman. Dari fungsinya ini, algoritma adalah hasil dari pemikiran yang terkonsep sehingga perintah dalam algoritma dapat dilaksanakan oleh komputer lewat bahasa pemograman.

Lalu seperi apa pemanfaatannya? Dalam pemanfaatannya, fungsi pembuatan algoritma digunakan pada pemecahan masalah program yang rumit. Baik program sedergana maupun besar, sama-sama dapat dipecahkan dengan algoritma. Fungi lainnya dari pemanfaatan algorima yaitu penggunaannya yang berulang kali. Algoritma juga memudahkan pembuatan program yang dikerjakan programmer. Lewat algoritma, Anda dapat melakukan pendekatan top down maupun divide and conquer.

 

21. Sistem Operasi

Operating System (OS) atau Sistem Operasi adalah salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggunga jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.

Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi kecuali jika komputer sedang dalam keadaan booting.

Bisa dipahami dengan jelas bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan.

Intinya, sistem operasi atau OS adalah sistem yang berada dilapisan pertama dimana memori harddisk diletakkan. Saat ini ada banyak sistem operasi yang dikenal diantaranya Windows, Linux, Mac OS dan lain sebagainya. 

source: medium.com

22. WAF Website Appliancation Firewall

Web application firewall atau juga dikenal dengan istilah WAF merupakan aplikasi firewall untuk aplikasi HTTP. Pada dasarnya web application firewall merupakan gatekeeper untuk sebuah website. WAF dapat melindungi situs website dan web application Anda dari cyber attack seperti cross-site-scripting (XSS), cross-site forgery, SQL injection, DDoS, dan lain-lain.

Cara kerjanya bagaimana sih? Jadi, Sistem WAF akan memantau dan memfilter lalu lintas yang masuk ke web application Anda. Web application firewall akan menganalisis permintaan GET dan POST yang dikirim melalui HTTP dan HTTPS kemudian menerapkan aturan firewall yang dikonfigurasi untuk mengidentifikasi lalu lintas. WAF kemudian akan memblokir dan menolak akses jika menemukan lalu lintas mencurigakan atau lalu lintas yang memiliki indikasi sebagai ancaman untuk keamanan website.

Lalu, apakah kita perlu menggunakan WAF? Melihat bisnis online yang sudah semakin berkembang maka sistem keamanan website menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan. Tidak hanya website besar saja yang akan menjadi target serangan hacker, website berukuran kecil pun juga memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi target serangan cyber. Berikut beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan WAF ini.

source: cloudflare.com

23. Text Editor

Text Editor adalah suatu software aplikasi atau suatu program komputer yang memungkinkan kalian sebagai penggunanya untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks yang ada berupa text biasa. Text editor ini sebenarnya bisa digunakan untuk membuat program komputer dan mengedit source code dari bahasa pemograman. Selain itu, text editor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman web atau template web design dan juga membuat aplikasi tertentu. Software aplikasi satu ini memang secara umum ditujukan untuk mempermudah aktivitas pemrograman.

Text Editor memiliki fitur-fitur sangat kecil dan sederhana. Namun ada juga beberapa text editor kini sudah menawarkan fungsi  luas dan kompleks. Lalu, apa saja contoh text editor? Diantaranya ada, Notepad++, Visual Code Studio, Sublime-Text, Atom, Vim, Brackets dan masih banyak lagi.

Nah, bisa disimpulkan bahwa Text Editor menjadi perangkat lunak yang digunakan oleh seorang programmer dalam menulis sebuah kode program. Pada umumnya, beberapa text editor hanya mempunyai fungsi untuk menulis kode program yang diinginkan tanpa disertai alat pendukung adanya integrasi.

24. VPS

Virtual Private Server (VPS) adalah virtual machine yang dijual sebagai layanan oleh hosting provider, dalam VPS user bisa mengakses dan mengelola seluruh aspek software dari server termasuk akses administrator di sistem oprasi server sampai aplikasi yang akan di implementasikan di server tersebut. Sebuah physical server dibagi menjadi beberapa virtual private sever sehingga setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah server mandiri yang sebenarnya. Setiap VPS memiliki Full Root Acces, Sistem Operasi, dan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem, dan sebagainya termasuk resources server seperti CPU dan RAM yang berdiri sendiri. Berbeda dengan shared hosting yang menggunakan resource server bersama- sama dan saling mempengaruhi, proses yang berjalan pada suatu VPS tidak akan mempengaruhi VPS yang lain dalam satu server.

Seperti apa acara kerja dari VPS ini? Cara kerja VPS dimulai dari server fisik berupa komputer yang divirtualisasi. Di server inilah tempat di mana kamu dan seluruh user lain menyimpan file dan database yang dibutuhkan untuk website.  Nantinya, browser yang digunakan oleh user akan mengirimkan sebuah permintaan kepada server, Server akan melayani user sesuai permintaan untuk kemudian server mentransfer file yang diinginkan ke pengunjung melalui jaringan komputer.  Pada saat proses menerima dan mengirim itulah VPS bekerja.

Jadi VPS tugasnya yaitu menerima dan mengirimkan service kepada user. Dan cara kerjanya sesuai dengan penjelasan di atas tadi.

25. Hosting

Hosting adalah sebuah komputer yang terhubung ke internet & dipergunakan untuk menyimpan data website agar dapat diaskes secara online. Web hosting merupakan layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk membuat situs web atau halaman web mereka dapat diakses melalui internet.

Dapat kita simpulkan bahwa, Hosting adalah tempat untuk menaruh segala data-data yang ada di website kamu. Seperti yang kamu tahu, website bisa berisi macam-macam; gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan sebagainya. Jadi, saat website kamu dibuka oleh orang lain, data-data yang ada di website kamu akan langsung ditampilkan.

Lalu apakah hosting ini sangat diperlukan? Tentu saja, kamu harus punya hosting. Tanpa hosting, data-data yang ada di website kamu tidak akan bisa ditampilkan sehingga website kamu tidak bisa diakses oleh netizen. Karena data-data website kamu tidak punya tempat untuk ditaruh. Jadi, seperti inilah alurnya, Untuk membuka website kamu, orang harus mengetik alamat domain website kamu. Terus, domain tadi akan menuntun orang itu ke hosting yang sudah dibangun website kamu.

Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk dapat dihosting. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

source: idwebhost.com

26. Dedicated  Server

Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah fasilitas server dengan skala penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Artinya apa? Artinya adalah jika Anda memutuskan untuk membeli (sebenarnya dalam hal ini Anda hanya menyewa) sebuah layanan hosting dedicated server, maka Anda akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server. Anda bisa melakukan instalasi sistem operasi (Operating System) sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda gunakan sendiri, menginstal software aplikasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri dan lain-lain.

Nah, Dedicated server ini pada dasarnya berarti bahwa situs web Anda memiliki server sendiri yaitu menyewa server.  Ini menawarkan kekuatan dan fleksibilitas luar biasa, tetapi biasanya datang dengan harga premium. Karena itu, penting untuk Anda melakukan riset sebelum memilih untuk menggunakan layanan ini.

Jika situs web Anda berjuang untuk mengimbangi peningkatan lalu lintas, mungkin sudah waktunya untuk memigrasi situs web Anda ke dedictaed server. Ini pada dasarnya adalah server yang hanya meng-host situs Anda, dan tidak hanya dapat meningkatkan kinerja situs Anda, tetapi juga meningkatkan waktu pemuatan halaman Anda dan membantu Anda mengoptimalkan keamanan.

Nah, itu dia terminologi-terminologi dasar terkait aktivitas pengembangan website yang sudah dijelaskan satu persatu. Semoga kita semua dapat memahami terkait istilah-istilah tersebut dan dapat kita terapkan pada saat mengembangkan sebuah website.

Rekomendasi:

Sumber Bacaan:

https://glints.com/id/lowongan/markup-language-adalah/

https://jagad.id/pengertian-bahasa-pemrograman-jenis-fungsi-dan-contoh/

https://www.dosenpendidikan.co.id/bahasa-pemrograman/

https://www.it-jurnal.com/pengertian-css-cascading-style-sheet/

https://aljauziyahblog.wordpress.com/2011/05/31/mengenal-cara-kerja-dan-fungsi-html/

https://www.devaradise.com/id/2014/11/pengertianl-apa-itu-javascript-manfaat-cara-kerja.html

https://www.jagoanhosting.com/blog/pengertian-php/

Https://blog.dimensidata.com/fungsi-server-jenis-server-dan-cara-kerja-server/

https://www.duosia.id/web/pengertian-database-dan-perangkat-lunak-software-database/

https://medium.com/@makersinstitute/front-end-back-end-full-stack-apa-artinya-36e0f25e8142

https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-front-end-dan-back-end/

https://inixindojogja.co.id/front-end-vs-back-end-developer-apa-bedanya/

https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/

https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-sistem-operasi/

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-algoritma-definisi-ciri-ciri-dan-contohnya/

https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-cms/

https://www.webarq.com/id/website-statis--website-dinamis

https://www.webarq.com/id/website-statis--website-dinamis

https://appkey.id/blog/istilah-it/metadata-adalah/

https://techarea.co.id/apa-itu-web-api-mengenal-bagaimana-cara-kerja/amp/

https://www.logique.co.id/blog/2019/09/10/web-application-firewall/

https://www.monitorteknologi.com/apa-itu-text-editor/#Apa_Itu_Text_Editor

https://www.jagoanhosting.com/blog/prinsip-dan-cara-kerja-vps/

https://www.domainesia.com/berita/apa-itu-hosting/#Apa_Itu_Hosting

https://www.jogjahost.co.id/tutorial/dedicated-server/apa-itu-dedicated-server/

https://blogs.masterweb.com/apa-itu-dedicated-server/

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

 Recent

Memuat...

Translate